Artikel Terpilih

Seri Londonesia #2: Baker Street

By Sherlocked Holmes - 26 February 2015 No Comments
Baker Street adalah nama sebuah jalan di area distrik City of Westminster, London. Nama jalan ini diambil dari nama William Baker, yang membangun jalan ini di abad ke-18. Jalan ini sangat terkenal karena dihubungkan dengan detektif fiksi, Sherlock Holmes, yang juga tinggal di alamat fiksi di Baker Street 221B. Pada awalnya di jalan ini merupakan tempat tinggal kalangan atas, namun sekarang sebagian besar ditempati untuk area komersil.

Baker Street merupakan sebuah jalan utama yang padat, terletak di area kodepos NW1/W1.

Di tahun 1835, museum pertama Madame Tussauds dibuka di Baker Street. Museum ini akhirnya pindah tidak jauh, yaitu di jalan Merylbone Road pada tahun 1884.

Pematung James Fillans pada tahun 1835 pernah tinggal dan berkarya di no. 82.

Thomas Charles Druce menggelar Bazar Baker Street hingga kematiannya di tahun 1864.

Di tahun 1940 markas besar Special Operations Executive, sebuah organisasi spionase Inggris saat Perang Dunia II, pindah ke Baker Street no. 64, mereka kerap dipanggil "Baker Street Irregulars", menyamai nama geng anak jalanan yan sering membantu Sherlock Holmes.

Beatles' Apple Boutique pernah berdiri di no. 94 Baker Street sejak 1967 hingga 1968.

Selama bertahun-tahun, kantor pusat Marks and Spencer, dulunya perusahaan dagang terbesar Inggris, berada di "Gedung Michael" (dinamai sama dengan merk dagang "St Michael"), di no. 55 Baker Street, hingga perusahaan pindah ke Paddington Basin di tahun 2004. Dulu ini adalah gedung perusahaan paling terkenal di Inggris, dan dikembangkan lagi sebagai kompleks perkantoran modern oleh London & Regional Properties sesuai desain oleh Make Architects and Expedition Engineering.

Sebuah piagam biru London County Council untuk mengenang Perdana Menteri William Pitt the Younger, yang tinggal di no. 120 Baker Street dari tahun 1803-1804. Penyanyi Inggris Dusty Springfield tinggal di Baker Street ada tahun 1960an.

Republik Seychelles memiliki kantor Konsulat di no. 111.

Museum khusus yang didedikasikan untuk Sherlock Holmes, juga berada di jalan ini.
Museum Sherlock Holmes via thinkhotels.com

No Comment to " Seri Londonesia #2: Baker Street "