Artikel Terpilih

AskSherlock #3 - Apakah Ular Tuli?

By Roy Andika - 09 January 2013 No Comments
Dalam rubrik #AskSherlock kali ini, pertanyaan Sherlockian yang terpilih adalah pertanyaan dari Mpik Asy Syadi dengan pertanyaannya sebagai berikut:
AskSherlock - apakah ular tuli
Apakah Ular Tuli?
Ular memiliki cara mendengar yang berbeda dengan mamalia. Ular tidak memiliki telinga luar, dan sebagai gantinya memiliki tulang telinga dalam, dimana dengan tulang telinga dalam ini digunakan ular bukan untuk mendengar suara, namun untuk mengindra getaran suara. Getaran suara yang diterima ular ini tidak dapat diterjemahkan ular sebagai bahasa, dalam artian semua suara yang 'terdengar' oleh ular berupa suara gumaman yang tidak jelas.
AskSherlock - apakah ular tuli

Sebagai contoh, sherlockian bisa menyumpal kedua lubang telinga dengan ibu jari dan mencoba mendengar dengan telinga tertutup. Kita tetap dapat mendengar suara di sekeliling kita, namun beberapa suara tidak dapat kita dengar dengan jelas, dan kira-kira seperti itulah pendengaran ular. Selain dengan tulang telinga dalam, ular juga dapat menangkap vibrasi suara melalui otot-otot perut mereka yang ternyata tidak hanya digunakan sebagai pengganti kaki.

Dengan begitu dapat kita simpulkan bahwa ular tidak tuli, ular bisa mendengar. Secara teknis ular memiliki telinga walaupun tidak terlihat dari luar. Dalam kasus 'Lilitan Bintik-Bintik', ular yang dilepaskan oleh Dr. Roylott 'dipanggil' kembali dengan siulan, dan karena siulan merupakan jenis suara yang sederhana tentu sang ular yang telah terlatih dapat meresponnya. Hal yang sama juga mungkin sudah sering kita lihat ketika para pelatih ular India meniup serulingnya untuk membuat si ular yang berada dalam wadah tertutup keluar dan menari mengikuti gerakan seruling dan nada.

#AskSherlock
adalah rubrik dimana kamu yang memiliki pertanyaan, penasaran atau menyadari adanya keanehan tentang dunia Sherlock Holmes dan akan kita coba carikan jawabannya, atau sekurang-kurangnya memberikan kejelasan. Punya pertanyaan seputar Sherlock Holmes yang bikin penasaran? Silahkan layangkan pertanyaan Sherlockian ke Facebook, Twitter atau langsung ke email@sherlocked.org dan untuk pertanyaan terpilih akan diposting sebagai artikel di rubrik #AskSherlock ini.

No Comment to " AskSherlock #3 - Apakah Ular Tuli? "