Artikel Terpilih

Fakta Dibalik Tanggal Kelahiran Sherlock Holmes

By Sherlocked Holmes - 07 January 2013 1 Comment
Pada tanggal 6 Januari kemarin banyak (mungkin hampir seluruh) Sherlockian, baik di Indonesia maupun di dunia yang merayakannya sebagai hari ulang tahun Sherlock Holmes. Tapi benarkah Sherlock Holmes lahir pada tanggal 6 Januari 1854? Apakah tanggal kelahiran sang detektif pernah disebutkan oleh Sir Arthur Conan Doyle dalam kasus-kasus pendek maupun novel-novelnya?

Perayaan akan ulang tahun Sherlock Holmes pada 6 Januari yang terbesar dan tertua dilaksanakan oleh komunitas Baker Street Irregulars pada 6 Januari 1934, berlokasi di Algonquin Hotel, New York - USA dalam sebuah acara makan malam. Hingga saat ini perayaan ulang taun Sherlock Holmes masih dirayakan dengan agenda acara yang mencakup pesta kostum, ceramah khusus, pertunjukkan teatrikal, pesta cocktail dan sarapan spesial selama beberapa hari. Tanggal 6 Januari yang diyakini sebagai tangal kelahiran Sherlock Holmes didasarkan pada esais sastra Christopher Morley dan Vincent Starrett, namun kenapa tanggal 6 Januari?

Paul Singleton, seorang sarjana dan aktor di New York mengatakan bahwa Christopher Morley berargumen tentang tanggal kelahiran Sherlock: "Sherlock Holmes sering mengutip kata-kata Shakespeare, tapi yang dikutipnya hingga dua kali adalah 'Twelfth Night'." Ia (Morley) lalu menetapkan bahwa Sherlock Holmes lahir pada malam keduabelas (twelfth night) yaitu pada tanggal 6 Januari.

Argumen lain yang mendukung yaitu dari William S. Baring-Gould, orang pertama yang memproduksi koleksi lengkap Sherlock Holmes teranotasi. Ia dan beberapa pendukungnya menyatakan bahwa 'The Valley of Fear', novel terakhir Sherlock Holmes, dimulai pada tanggal 7 Januari.

Pada awal cerita (The Valley of Fear), Sherlock tampak sedikit sinis dan membuat Watson jengkel. Lalu kenapa pada hari itu Sherlock Holmes menjadi sinis dan temperamental? Karena masih ada pengaruh alkohol pada hari itu. Untuk apa Sherlock meminum minuman keras hingga agak mabuk? Karena pada malam sebelumnya ia merayakan sesuatu. Apa yang ia rayakan? Tentu saja ulang tahunnya. Demikian deduksi yang walaupun lemah secara fakta, namun mendekati kemungkinan.

Beberapa argumen lain menyatakan bahwa tanggal kelahiran Sherlock Holmes adalah 2 Desember, menyesuaikan dengan tanggal kelahiran Dr. Joseph Bell, dosen pengajar Conan Doyle yang telah menginspirasinya menciptakan karakter Sherlock Holmes. Terdapat pula argumen yang menyatakan tanggal kelahiran Sherlock Holmes adalah 1 Desember, disesuaikan dengan tanggal publikasi pertama novel 'Study in Scarlet' di Beeton's Christmas Annual yang terbit tanggal 1 Desember 1887.

Untuk tahun kelahiran Sherlock Holmes yang jatuh pada tahun 1854 ternyata didasarkan pada novel 'His Last Bow' dan pada kasus berjudul sama dimana pada tahun 1914 Sherlock Holmes digambarkan sebagai pria berusia enam puluh tahun ketika ia harus menyamar dan menangkap mata-mata Prussia, Von Bork. Dengan perhitungan matematika sederhana, dapat diketahui bahwa tahun kelahiran Sherlock Holmes adalah 1854.

Apapun argumennya, tanggal 6 Januari sebagai tanggal kelahiran Sherlock Holmes sedikit banyak merupakan hasil 'pemaksaan' yang dilakukan oleh Christopher Morley sebagai pendiri komunitas sosial Baker Street Irregulars. "Ia adalah pemimpinnya," kata Paul Singleton. "Ia berkeras mengenai hal itu dari tahun ke tahun. akhirnya setiap orang menerimanya..."

Diterjemahkan dari blogs.nytimes dengan penyesuaian seperlunya.
Referensi pendukung.

1 comment to ''Fakta Dibalik Tanggal Kelahiran Sherlock Holmes"

ADD COMMENT
  1. Argumen wiliam s. Itu mungkin benar, tapi coba kita lihat dulu, dikatakan disana sherlock mabuk, mabuk karena apa? Karena merayakan sesuatu, jika merayakan ultah itu mungkin agak tidak masuk akal karena kita tahu sendiri sherlock holmes tidak memiliki banyak teman, temannya hanya john watson. Jadi mungkin saja sherlock holmes sinis dan tempramental karena sedang tidak memiliki kasus dan minum minuman keras atau menggunakan kokain untuk menjernihkan pikirannya

    itu pendapat saya, hanya sir artur conan doyle yg tau ultah sherlock holmes =))

    ReplyDelete