Artikel Terpilih

AskSherlock #2 - Sang Adik Profesor Moriarty

By Sherlocked Holmes - 15 September 2012 No Comments
Dalam rubrik #AskSherlock kali ini, pertanyaan Sherlockian yang terpilih adalah pertanyaan dari Raditya Dian Arikunto dengan pertanyaannya sebagai berikut:
Menurut kami, pertanyaan ini bagus sekali, sangat jeli, menarik dan tidak disadari oleh sebagian besar Sherlockian yang sudah membaca novel dan kasus-kasus asli bahkan hingga berkali-kali. Jadi mari kita coba perjelas pertanyaannya:

Siapa nama sebenarnya Profesor Moriarty?
Kita coba jawab yah, jawabannya adalah nama lengkapnya berdasarkan referensi novel Sir Arthur Conan Doyle adalah James Moriarty. Dalam 'Kasus Terakhir' ia hanya disebut dengan panggilan 'Profesor Moriarty' oleh Sherlock Holmes, namun dalam 'Petualangan Rumah Kosong' dipanggil sebagai 'Profesor James Moriarty'. Jadi, dari referensi tersebut kita dapat sepakati bahwa nama aslinya adalah 'James Moriarty' dan ia adalah seorang profesor matematika.

Apakah Profesor Moriarty punya saudara?
Yah, sejauh ini dalam referensi kita memang menyatakan bahwa Profesor James Moriarty punya saudara laki-laki. Namun disinilah kontradiksi muncul, kenapa? Karena dalam 'Kasus Terakhir' Watson dengan jelas menuliskan:
...tanganku terpaksa kuayunkan untuk menuliskan kisah berikut ini, karena adanya surat-surat yang ditulis oleh Kolonel James Moriarty yang membela almarhum adiknya.
Jadi, nama adik James Moriarty adalah James Moriarty (juga)? Dan adiknya ini adalah seorang kolonel, sementara dalam 'Lembah Ketakutan' Bab II Pidato Ilmiah Mr. Sherlock Holmes, Sherlock mengatakan:
...Ia tidak menikah. Adiknya kepala stasiun di barat Inggris...
Ini berarti adiknya Profesor Moriarty adalah seorang kepala stasiun. Jadi jika disimpulkan, terdapat kontradiksi antara lain:

  1. Kesamaan nama Profesor James Moriarty dengan adiknya: Kolonel James Moriarty?
  2. Adik Profesor Moriarty apakah seorang kolonel atau seorang kepala stasiun?
Sampai sejauh ini kesamaan nama antara Profesor Moriarty dan adiknya tidak memiliki titik temu, sehingga kita hanya bisa beranggapan bahwa keduanya memang memiliki nama yang sama, karena tidak ada bukti sebaliknya yang mendukung. Sang adik bisa saja seorang pensiunan kolonel yang sekarang bekerja sebagai kepala stasiun, atau juga kita bisa beranggapan bahwa Profesor Moriarty memiliki seorang adik yang lain, yang namanya tidak pernah disebutkan dan berprofesi sebagai kepala stasiun.

Bagaimanapun juga kontradiksi ini muncul dari sebuah karya manusia, sehingga jika terdapat kesalahan dan kekurangan maka kita dapat mengapresiasi kesalahan dan kekurangan tersebut sebagai bagian dari sifat kemanusiaan seorang Sir Arthur Conan Doyle.



#AskSherlock
adalah rubrik dimana kamu yang memiliki pertanyaan, penasaran atau menyadari adanya keanehan tentang dunia Sherlock Holmes dan akan kita coba carikan jawabannya, atau sekurang-kurangnya memberikan kejelasan. Punya pertanyaan seputar Sherlock Holmes yang bikin penasaran? Silahkan layangkan pertanyaan Sherlockian ke Facebook, Twitter atau langsung ke email@sherlocked.org dan untuk pertanyaan terpilih akan diposting sebagai artikel di rubrik #AskSherlock ini.

No Comment to " AskSherlock #2 - Sang Adik Profesor Moriarty "