Artikel Terpilih

Sherlock Holmes dan Film

By Insan Kamil Pratama - 02 April 2012 No Comments
Film merupakan media yang sangat gampang untuk dicerna. Apalagi akhir-akhir ini banyak sekali film yang based dari novel atau kartun yang sudah terkenal, seperti Spiderman, Hulk, Tintin, James Bond,dll. Sama halnya seperti film yang berbasis novel dan kartun, popularitas karakter karangan Sir Conan Doyle ini sudah lebih dari ribuan karya  yang di adaptasi kan ke media film atau yang lain.
The Guinness World Records pun sudah menobatkan Sherlock Holmes sudah lebih dari 211 film yang dibuat dengan 75 aktor yang berperan sebagai Sherlock Holmes ini. Film adaptasi pertama yaitu buatan Mutoscope dalam judul Sherlock Holmes Battlefield in 1900 yang bisa terlihat sangat sulit dikenali. Lalu  pada tahun 1921 hingga 1923 Stoll Pictures merilis produksi  hampir 45 film pendek bisu hitam putih yang di perankan Eille Norwood berperan sebagai Holmes dan Hubert Willis sebagai Dr Watson.
Film pertama Sherlock yang berdurasi 30 detik.
Adanya aktor utama dalam film merupakan hal yang vital sekaligus juga menjadi ditunggu-tunggu dalam hal ini Jeremy Brett adalah salah satu pemeran Sherlock Holmes yang di nobatkan menjadi The Best Sherlock holmes, karena totalitasnya dalam berakting.
Terkenal dengan aksen Britishnya, Soviet Television  malah membuat versi yang rusia dengan membuat tv series, pemeran Holmes di perankan Vasily Livanov dan Vitality Solomin sebagai Dr Watson. Dianggap sukses karena bisa Livanov bisa membuat daya tarik sendiri bagi orang Rusia.
Salah satu adegan Sherlock dan Dr Watson dalam film berbahasa Rusia
Pada tahun 2009 dibuatlah Sherlock Holmes diperankan oleh Robert Downey, Jr dengan Jude Law sebagai Dr Watson. Dalam film besutan Guy Ritchie ini, seolah ingin menampilkan sifat anti social, kepribadian yang eksentrik dengan analisis yang brilian, dan kemampuan bela diri yang tangguh.
Seolah ingin membuat yang berbeda, pada tahun 2010 The Asylum pun membuat juga tv series Sherlock Holmes “modern” dengan settingan London masa kini. Detektif  ini pun memakai teknologi modern sebagai alat Bantu memecahkan misteri. Benedict Cumberbatch pun di anggap sukses untuk memerankan karena sesuai dengan karakter.
Sherlock dan John Watson yang modern
So, itulah beberapa tentang Sherlock Holmes dengan film. Apa sesuai dengan ekspetasimu dalam membaca novelnya? Apa mungkin lebih menarik dengan menonton film-film Sherlock Holmes? Anda yang memilih. :)

Penulis : Insan Kamil Pratama
Disandur dari: Wikipedia

No Comment to " Sherlock Holmes dan Film "