Artikel Terpilih

John Watson – Teman yang Sangat Baik (Part 3)

By Sofia Delaneirre - 24 April 2012 1 Comment
Sampai sejauh ini kita telah membahas dua karakteristik yang menyenangkan dari Dr. John Watson. Mari beranjak ke aspek selanjutnya, yaitu keterandalannya sebagai teman yang baik.
Dapat diandalkan
Yang ketiga adalah dapat diandalkan. Kita sudah tidak perlu ragu sedikitpun lagi soal hal ini. Sebagaimana sudah disebutkan, Watson adalah tipe orang yang rela meninggalkan aktivitasnya hanya demi menemani Sherlock Holmes ke tempat-tempat yang tidak jelas, mulai dari Devonshire sampai Swiss.
Sherlock mengakui bahwa ia mengandalkan Watson dalam banyak hal, misalnya:
"There is no prospect of danger, or I should not dream of stirring out without you." - Norwood Builder 
Sebenarnya, Sherlock sering sekali mengajak Watson melakukan hal-hal yang berbahaya. Masuk ke rumah orang tanpa izin, masuk ke rumah dokter nyentrik yang memelihara babon dan cheetah, bahkan melakukan eksperimen beracun di dalam kamar. Hal ini menunjukkan bahwa menurut detektif konsultan tersebut, sang dokter adalah sosok yang bisa diandalkan.
Sherlock juga beberapa kali menugaskan Watson hal-hal yang cukup penting, seperti melakukan investigasi sendirian ke tempat kejadian, membawa perlengkapan yang Sherlock butuhkan, dsb. Sekali waktu, sang dokter mendapatkan pesan berikut dari Sherlock.
"Am dining at Goldini's Restaurant, Gloucester Road, Kensington. Please come at once and join me there. Bring with you a jemmy, a dark lantern, a chisel, and a revolver. S. H." - Bruce-Partington Plans
Watson jelas saja (sebenarnya) keberatan. Namun dia tetap membawa perlengkapan itu, sambil berkomentar dalam hati betapa tidak pantasnya seorang gentleman membawa perlengkapan maling semacam itu malam-malam. Tapi demi Sherlock (dan negara), Watson rela melakukan hal-hal berbahaya semacam itu. Keterandalan Watson juga terlihat dalam kasus Dying Detective sewaktu dia disuruh Sherlock mendatangi Mr. Culverton Smith yang notabene adalah pembunuh berdarah dingin. Watson melakukan keinginan Sherlock persis seperti yang dipesankan. Masih kurang?
Masih ada dua lagi di artikel-artikel mendatang. Tunggu kelanjutannya ya.

1 comment to ''John Watson – Teman yang Sangat Baik (Part 3)"

ADD COMMENT
  1. wow keren om. kaya menelaah novel untuk skripsi aja :D

    ReplyDelete