Artikel Terpilih

Pastiche - Penghargaan Tertinggi Dari Fans

By Roy Andika - 01 April 2011 1 Comment
Pastiche adalah hasil karya fans, artinya setiap kasus, novel, film, game, komik atau apapun yang diluar dari 57 kasus asli Sherlock Holmes oleh Sir Arthur Conan Doyle adalah karya Pastiche. Pastiche juga lebih mendekati usaha 'peniruan' atau 'imitasi'. Namun walaupun begitu, tidak semua Pastiche berarti perampokan terhadap hasil karya orang lain, banyak sekali hasil karya yang berupa pastiche yang merupakan bentuk penghargaan para penggemar (fans) terhadap karya idolanya.
Selain 57 kasus asli Sherlock Holmes, banyak pula karya-karya pastiche yang bisa ditemukan dalam literatur-literatur modern, dengan harapan agar rasa rindu para fans Sherlock Holmes tidak mudah lekang oleh waktu. Salah satu buktinya adalah peningkatan jumlah fans sherlock holmes yang meningkat dengan sangat signifikan sejak meluncurnya film Sherlock Holmes (Robert Downey Jr.) tahun 2009, dari yang sebelumnya belum mengenal sama sekali dengan sosok Holmes hingga menjadi tertarik dan nge-fans abis dengan Sherlock Holmes.
So, dengan banyaknya karya baru (pastiche) Sherlock Holmes hendaknya kita menyikapinya dengan bijaksana dan selekstif, karena sebaik apapun improvisasi, karya asli tetap merupakan patokan dasar akan sosok Holmes sejati. The Game is Afoot!
Pastiche mungkin berakar pada kata yang sama dengan Paste, secara kedua kata tersebut memiliki esensi makna yang mirip. ^_^

1 comment to ''Pastiche - Penghargaan Tertinggi Dari Fans"

ADD COMMENT
  1. lho kok 57? bukannya 56?
    btw novel non-canonical yang pernah terbit di Indonesia apa aja ya?
    apa gak pernah dibuat top 10 situs ini? misal top 10 short stories, top 10 pastiche, top 10 actor potrayal dll

    ReplyDelete